Pulau Biawak

2 komentar

  

Sahabat kluyuran perjalanan kali ini ke sebuah pulau yang masih perawan di sekitaran pulau jawa yaitu Pulau Biawak, pulau yang terletak di utara pesisir kota indramayu jawa-barat ini sangatlah menarik untuk berpetualang. kami sampiakan bahwa pulau ini bukanlah pulau wisata tetapi pulau navigasi / pulau mercusuar bukan berarti tidak bisa dinikmati, pulau ini cukup layak untuk dikunjungi. Saat kami datang bulan Oktober 2014 ini pihak dinas pariwisata indramayu sudah mulai masuk dengan membangun kantor informasi dan mudah-mudahan bisa memelihara ekosistem dan melestarikan alam di pulau biawak agar lebih indah nan cantik.

 Berpose dengan biawak

 

Perjalanan ini dimulai dari pelabuhan karangsong indramayu pada pukul 02:00 menggunakan kapal nelayan, perjalan malam yang membuat andrenalin ini semakin naik dikarenakan terjangan ombak laut jawa yang lumayan tinggi dimalam hari, rasa mual yang kami rasakan akibat goncangan kapal dan bisingnya suara mesin diesel kapal nelayan mengiringi perjalanan 4 jam yang penuh sensasi ini. Kurang lebih pukul 06:00 pagi kamipun sampai dipulau biawak disambut munculnya matahari terbit, sungguh pemandangan sangat indah di negeriku tercinta ini Indonesia.

 Sunrise di Pulau Biawak


Setalah sampai di pulau biawak kami istirahat sejenak di rumah dinas perhubungan yang di huni oleh bapak Subur sebagai kepala sukunya. Pak Subur orangnya cadas, asik dan enak diajak ngobrol mulai tentang pulau biawak itu sendiri hingga suka dukanya menjaga mercusuar. Pulau biawak dulunya disebut pulau boompies dijaman hindia belanda dan pada peta internasional pulau tersebut dinamakan pulau rakit, nah untuk saat ini pulau tersebut terkenal dengan sebutan Pulau Biawak dikarena di pulau ini banyak dihuni ratusan biawak endemik pulau ini. Biawak-biawak disini sangatlah jinak dan besar-besar tapi tidak sebesar komodo yah. untuk melhat langsung biawak kita bisa memberi makan biawak-biawak ini agar keluar dari sarangnya dengan umpan ikan dan mengambil gambar ber pose ria bersama biawak.


Biawak sang penghuni pulau

Di pulau ini kita bisa menikmati sunset dari atas mercusuar dengan manaiki 240 anak tangga, mercusuar yang dibangun oleh pemerintahan kolonial belanda ini dibuat tahun 1872, pemandangan alam yang begitu indah terlihat dari atas mercusuar. Sunset dan hutan mangrove, jembatan dermaga dan pantai yang jernih menghiasi pulau ini.

Pak Subur Penjaga Mercusuar


Jangan lupa untuk snorkling dipulau gosong, untuk menuju pulau gosong ditempuh dengan waktu satu jam dari pulau biawak. Pemandangan bawah laut /terumbu karangnya sangat bagus, banyak hard coralnya, dan ikan-ikan menari diantara hamparan terumbu karang. setelah puas melakukan snorkling kita kembali ke pulau biawak.


  
Mercusuar Peninggalan Kolonial Belanda berusai 142 tahun

Sahabat kluyuran bisa juga menikmati hutan mangrove yang ada disekitar pulau ini sambil melihat makam belanda kurang lebih 200 meter dari rumah dinas. makam yang tidak terawat banyaknya sampah plastik di hutan mangrove membuat kita kurang nyaman. Dan dipulau ini ada makam Syeh Sarif Hasan, menurut pak subur ditahun 1993 makan tersebut terkenal dengan makam Hasanudin setelah pak subur kembali bertugas di tahun 2010 sudah menjadi makam Syeh Syarif Hasan.



Panorama diambil dari atas Mercusuar

Untuk spot snorkling selain pulau gosong ada di sekitaran pulau biawak sendiri dengan kedalam kurang lebih 5 meter sangat bagus juga untuk dinikmati, banyak diver yang melakukan penyelaman disini beberapa diver bilang untuk kedalaman 20 meterpun masih cukup bagus pemandangan terumbu karang disekitar pulau ini, ada beberapa kegiatan yang menanam terumbu karang di pulau ini untuk kelangsungan kehidupan bawah laut.


Spot Snorkling Pulau Gosong

Cukup puas kami menikmati pulau biawak ini dengan rasa lelah dan bahagia, akhirnya waktu jualah yang memisahkan kami untuk pulang ke tujuan masing-masing dengan rasa bangga atas keindahan indonesiaku, semoga kami bisa menikmati alam-alam nusantara lainnya, alam yang penuh syurga.

 
 
 


Terima Kasih saya mengucapkan kepada sahabat-sahabat baru kami :
  • Mas Johanes Andrianto
  • Mas Lukman and team
  • Mbak Sifa
  • Mbak Fida and team
  • Mbak Fuji Tyas
  • Mas Ago (Agen Travel KOTAKU-pulau biawak-) Phone : 085322112299 / PIN : 7D2847A9
  • Pak Subur Pahlawan Navigasi kita








2 komentar :

You Tube