Pulau Sempu

7 komentar

Pulau sempu terletak di selatan kota Malang, perjalanan kali ini sangat melelahkan tapi terpuaskan oleh alam-alam Nusantara yang sangat indah.
view segoro anakan
Kami bertiga berkumpul di stasiun Kereta Api Malang setelah melakukan perjalanan dari masing-masing tempat, saya sendiri dari Bandung, kawan Wandi dari Jogyakarta dan kawan Yugous (nopit) dari Semarang (setelah melakukan trip dari karimun jawa). Kami melakukan briefing sebentar di kota Malang dan melanjutkan perjalanan menuju Pulau sempu yang kami tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan umum. Jika anda dari kota Malang carilah kendaraan umum ke kota Turen terus ganti kendaraan ke Sendang Biru. Disinilah keunikan kita lihat, Angkot (angkutan kota) diisi 17 orang, salah satu penumpang  diantaranya duduk di atas mobil (angkot yang extreme).
Segoro Anakan
Teluk Pandan
Setelah kami sampai di Sendang Biru, kami bergegas mencari kapal menuju Pulau Sempu yang di tempuh cuman 10-15 menit dengan sewa 100 ribu antar jemput. Nahkoda kami bernama mas Joker, mas Joker mengantarkan sampai di teluk semut.

Untuk ke pulau sempu jika anda belum pernah masuk, kami sarankan harus menggunakan Guide agar tidak tersesat seperti kami, karena didalam hutan tidak ada penunjuk arah. Seharusnya kami  izin dulu ke kekantor Perhutani karena kawasan Pulau Sempu adalah kawasan Cagar Alam bukan tempat Wisata, kami tidak melakukan hal itu, ini jangan di contoh yah. Setelah kami membelah hutan di Pulau Sempu dengan kepercayaan diri (tanpa izin, tanpa guide, tenda ala kadarnya) selama 2 jam dengan mengikuti petunjuk hanya ikatan tali di pohon dan track yang lumayan berat apabila belum pernah melakukan perjalanan di hutan/gunung kamipun mendengar deburan ombak, kami sangat senang dan kami kira itu "Segoro Anakan".

Akan tetapi setelah mengamati dan berkeliling ternyata bukan tujuan kami “Segoro Anakan” (Laut Anak). Kami bertiga tersesat di Teluk Pandan, kamipun melakukan perjalanan lagi kurang lebih 20 menit dengan meraba-raba ada jalan setapak, akan tetapi matahari mulai tenggelam dari pandangan kami, kami bertiga memutuskan kembali ke Teluk Pandan untuk menginap di hutan pinggir teluk pandan. Signal Hand phone timbul tenggelam dan kami minta bantuan via SMS ke mas Joker untuk di datangkan guide, setelah nego kami harus membayar 200 ribu untuk guide, datanglah pak Jumat di pagi hari dengan terus menasehati kami.

Sebenarnya kalo kita pakai guide dari awal cuman 100 ribu. Kami melanjutkan perjalan, lagi-lagi membelah hutan, kami mendengar lagi deburan ombak, saya kira ini “Segoro Anakan” akan tetapi bukan, yang kami temui Pantai Baru-baru, pantai yang sangat indah dan mempesona. Kami bertiga tertawa dan bahagia ternyata “Sesat membawa Nikmat”, karena kami di suguhi pesona alam yang sangat indah di “Pantai Baru-Baru”, pasir putih yang sangat lembut, laut biru dan tebing-tebing menghiasi bingkai pantai. Kami tidak lama di pantai Baru-baru hanya mengabadikan gambar dan melanjutkan ke tujuan awal kami "Pantai Segoro Anakan”.
Teluk Pandan
Setelah perjalanan kurang lebih 1,5 jam kami sampailah di "Pantai Segoro Anakan”. Sangat cantik dan begitu mempesona sebuah danau atau pantai kecil dimana airnya dari air laut yang menembus karang, seperti lidah air memberi daya tarik sendiri. Jika anda pernah menonton Film The Beach yang di bintangi Leonardo Decaprio disinilah  kemiripan itu yang kami peroleh yaitu "Pantai Segoro Anakan” di Pulau Sempu-Malang, sebuah pantai dalam pulau dikelilingi tebing hijau, Mahakarya Tuhan yang indah benar-benar Indonesia is Sexy.

Pantai Baru-Baru

Kami mendirikan tenda dan akan menginap lagi 1 malam di Pantai Segoro Anakan lagi-lagi kami bertiga tanpa siapa-siapa di hutan di tepi pantai sebuah pulau tanpa penghuni. Disore hari kami di datangi sekelompok monyet kurang lebih 7 ekor, mereka mencari makan kebawah. apabila tidak berhati-hati persediaan makanan kita akan dicuri oleh sekelompok monyet tersebut.

Malam nya kurang lebih jam 10, datanglah rombongan orang asing 3 wanita bule + 1 guide, keesokan kami berenang di Pantai Segoro Anakan air yang asin dan sangat dingin membuat segar tubuh kami karena sudah hampir 2 hari kami tidak mandi.
Tak lupa kami naik ke tebing sisi Selatan untuk melihat view laut selatan di atas Pantai Segoro Anakan, kami lagi-lagi di suguhi pesona alam, ada tebing di tengah laut sepeti Tanah Lot di Bali.

View dari atas tebing Segoro Anakan (Laut Lepas) / Tanah Lot-nya Sempu
Laut lepas (Munchen + Liverpool bersatu)
Sebenarnya masih ada satu lagi yang harus kami kunjungi yaitu Pantai pasir Panjang, akan tetapi kami sudah merasakan kelelahan dan kami memutuskan untuk meninggalkan Pulau sempu karena perjalan kami akan diteruskan ke Gunung Bromo. Sebelum kami ke Bromo kami mampir terlebih dahulu di kota Malang untuk mancari Bakso yang terkenal di kota Malang yaitu Bakso President, bakso di pinggir rel ini sangat Lazzies Hautce Ping..Ping..Ping rugi jika anda tidak mencoba bakso president. Demikian perjalanan kami di Pulau Sempu yang tidak pernah kami lupakan akan pesona alam liarnya.
Teluk Semut
Segoro Anakan
Tebing dilaut lepas
Snorkeling di Pantai Segoro Anakan
Pantai Segoro Anakan
Tri Mas Geblah
Sore Hari di Pantai Segoro Anakan

Terima kasih saya ucapkan kepada :